Sunday, April 29, 2012

5x vs 1x


Hidup beragama memang indah, apa lagi ditambah dengan saling menghormati dan toleransi. Ya, 2 hal penting yang perlu dijunjung. Indonesia adalah salah satu negara dengan penduduk Muslim yang terbesar dan saya berada di sana. Para Muslim melakukan ibadah minimal 5x sehari, sedangkan umat Kristiani paling tidak 1x sehari (yang sebenarnya sih lebih dari 3x sehari). Doa biasa ada dalam ibadah, dan doa itu lah salah satu jembatan antar kita dan Tuhan. Sungguh sayang jika melewati kesempatan itu. Hal itulah yang terjadi pada saya.
Sejak lama saya bertumbuh di lingkungan Kristen. Gereja sudah menjadi kebiasaan kami tiap minggu. Dan sekarang saya merantau ke tempat pada orang Muslim. Di sana saya takjub dan salut dengan mereka. Setia dalam ibadah 5x sehari, dan sungguh taat, meskipun ada yang “kelewat taat”. Tapi, saya malah melupakan kebiasaan “keKristenan” saya. Gereja pun enggan. Tapi saya berharap saya bisa merasakan kembali keintiman yang dulu pernah saya rasakan.
Pada umumnya manusia itu sama, ketika ada orang yang bisa beribadah 5x sehari atau bahkan lebih, mengapa yang lain tidak??? ;)