Sunday, November 4, 2012

Tua


Seperti yang Budha katakan "penderitaan yang paling berat bagi manusia selama hidupnya adalah sakit, tua, dan mati"

Hari ini saya berkunjung ke rumah duka di Tangerang. Sehari sebelum ny saya dikejutkan dengan telp "nanti malam jemput ya, pesawat jam 7"

Awalnya berfikir ada tiket murah atau gratis, tapi ternyata orang
tua teman dekatnya meninggal.

Di rumah duka cukup lama, dari pagi hingga sore, tak tahu kapan pulang. Banyak orang yang berdatangan, tua muda, remaja, dan anak-anak. Berbagi cerita saling mengenang.
Tapi pandangan saya lebih tertarik pada seorang nenek tua dengan 2 orang cucuny yang masih bocah. Saya pikir mereka hanya datang bertiga saja, namun salah. Setengah jam atau beberapa jam kemudian muncul seorang lelaki yang berusia sekitar 30 hingga 40an. Tak ada komunikasi dan duduk pun tidak dekat. Terkadang lelaki itu pergi meninggalkan sang nenek sendiri di kursi, terkadang lagi kedua cucunya sibuk dengan gadgetnya. Sang nenek pun kembali sendiri lagi....

Hingga mereka pulang, keempat orang itu berdoa sebelum meninggalkan tempat. Saat berjalan ke pintu keluar pun lelaki itu berjalan dahulu menunggalkan sang nenek, hingga orang memanggilnya untuk menjemput nenek, tapi tak ada hasil.


Itulah sepenggal cerita (sebenarnya bukan cerita, ini kisah nyata) hari ini. Sakit, tua dan mati, itu lah yang seharusnya ditakutkan oleh manusia.