Wednesday, June 20, 2012

A Ko & A Me (2)


“Woy, gue ga bisa nemenin liburan ni. Gmn donk?”
“nemenin apa Me?”
“Nemenen lo buat bisnis itu lho...”
“Oh... gampanglah, liat nanti aja”


Dulu gue pernah buat janji dengan dia bakal nemenin selagi liburan panjang. Tapi nyatanya gue malah ikut magang dan ga nemenin dia.
“Me, week-end jalan yuk”
“Boleh”

Jumat sore.
“Me, gue dah di depan kosan lo”
“ emang mau ke mana K?”
“Makan dulu lah. Hehe”
“Dasar perut karet. Hahaha”

Di tempat makan favorit kami. Gue mesen nasi campur, dan dia mesen mie ayam.  Dan minumnya tentu yang berbau kopi. Sambil menunggu pesanan:

“K, sory y gue mendadak batalin janji”
“Emang kenapa Me? Ada urusan y?”
“Iya, K. Gue mau magang. Mumpung ada kesempatan nih”
“Oh, magang toh? Di mana emang Me?”
“Jawa tengah K. Tempat peternakan”
“Ya udah bagus lah lo magang. Hahaha”à gue sempet tersentak, ternyata dia berfikir dewasa terhadap gue. hihihi
“Lha? Trus bisnisnya gimana K? Sendirian dong ntar k sana?”
“Santai aja. Toh gue Cuma mau liat tanah aja. Habis itu pulang. Paling Cuma 1 hari, lama d jalan aja Me sebenernya”
“Di mana?”
“Daerah Sukabumi sih. Lo selesai magang kapan Me?”
“Sekitar Juli pertengahan mulai Juli awal”
“Oh, y udah kalo gitu kita perginya Juni Akhir aja gimana? Orang Sukabumi kalo yang nyetir berdua bs cepet”
“Oh, jadi maksudny lo ngajak gue biar ada supir cadangan gitu?”
“Hahaha, ga gitu juga sih. Dari pada gue sendirian, hampa banget Me”
“Ya udah. Kapan emang?”
“Akhir bulan ini. Ntar gue bilang aja. Paling pergi pagi pulang malem aja Me”
“What ever lah K”

Makanan kami pun sebentar lagi sudah mau habis. Dan gue nanya tentang kantor yang mesen komputer itu. Baguslah semuanya berjalan lancar.

“Sekarang tinggal ke A Shu nya lagi Me. Paling bulan depan kelar”
“Ga kelamaan K? Pikir Cuma seminggu doang”
“Takut kenapa-kenapa Me, gue janji ke Kantornya paling telat sebulan. Untungnya tu kantor setuju aj. Hehe”
“O, ya udah kalau gitu”

Itulah si A Ko, selalu waspada di awal. Sempat dulu gue nanya kenapa dia ga pernah berhenti sejenak untuk bisnis. Waktu itu saat kami lagi ng-T di tempatnya, di sore hari. Dengan pemandangan itu kami merasa “a couple feeling” (tak dapat dideskripsikan dengan kata-kata). Dia menjelaskan, mungkin hanya ini yang bisa ia persiapkan untuk masa depannya. Bukan berarti dia mata duitan, tapi memang benar di zaman sekarang uang merupakan kebutuhan dasar manusia. Semakin banyak uang yang terkumpul, jika digunakan dengan bijak dapat memberikan peluang terhadap masa depan yang lebih baik pula.”Toh gue ga tau gimana masa depan gue, bahkan besok pun gue ga tau apa yang bakal terjadi?,” kata A Ko. Sambil menggenggam tangan, A Ko kembali melanjutkan, “Dulu sempat gue mikir buat berhenti bisnis sejenak dan fokus ke kuliah dulu, tapi gue ga bisa. Masa kalau ada peluang ga gue ambil? Sayang, dong Me?
Lanjut ke tempat makan (sekarang), gue goda dia,

“K, gue pengen berhenti dagang dulu nih. Pengen istirahat dlu”
Kenapa, Me? Toh selama ni gue ajak lo bisnis yang nguntungin. Ga pernah rugi kan lo Me?”
“Rugi? Ehmmm, ga sih. Tapi gue lagi pengen aja K?”
“Gue pikir lo pengen bilang ‘gue mau fokus kuliah dulu nih, takut ga bisa bagi waktu’, klasik banget. Hahha. Tapi kenapa Me?”
“Ga, koq K. Emang gue tipe orang yang pengen lewatin kesempatan gitu doank? No way lah. Haha. I’ll always beside u. Tadinya gue pengen kerjain lo, tapi ga tega. hahaha ”
“hahah, gue dah dag-dig-dug tau lo bilang gitu”

Seketika itu pula dia memegang tangan gue. Gue merasakan dalam genggaman itu adalah genggaman yang menandakan kelegaan.  (to be continue)